-->

Tips Meningkatkan Performance Blog Terbaru 2021

Konten [Tampil]
Cara Mempercepat Loading Blog Jadi Super Ringan

Bagi teman-teman blogger, pasti pernah mengeluhkan kecepatan suatu performace blog. Dengan memiliki keluh kesah tersebut tidak akan berujung jika kita tidak segera mencari titik kesalahannya. 

Bagaimana caranya, agar kecepatan blog yang kita kelola memiliki performance skor relatif diatas 71%? Caranya sangat mudah! Nanti akan saya jelaskan tips meningkatkan performance blog dibawah ini.

Memiliki kecepatan blog memang sangat penting, dan itu memang sangat diwajibkan menurut saya. Karena dengan memiliki kecepatan blog, akan dapat meningkatkan peringkat halaman pada search engine atau mesin pencari.

Dan keuntungan lain, jika kita memiliki blog dengan performance super fast loading adalah sebagai berikut :
  • Blog yang ringan saat diakses dapat memanjakan pengunjung 
  • Dapat meningkatkan posisi SERP
  • Dapat meningkatkan page views
  • Lebih kelihatan profesional
  • Dan, tentunya sangat menunjang dalam hal SEO
Lalu bagaimana caranya agar blog yang kita kelola fast loading saat diakses pengunjung. Oke, langsung saja, berikut terdapat beberapa tips yang dapat teman-teman terapkan di dalam blog. Semoga dengan adanya tips ini, dapat menghilangkan keluh kesah teman-teman yang memiliki problem disisi kecepatan blog.

Tips Meningkatkan Kecepatan Blog (Fast Respond)


Tips Meningkatkan Performance Blog

1. Pilih Template Blog Simple

Jika teman-teman ingin memiliki blog yang ringan saat di akses, tips pertama yang harus diterapkan adalah dengan memilih template blog yang tepat. 

Memilih template blog yang tepat disini adalah yang sudah support beberapa fitur yang tersedia, diantaranya :
  • Responsive
  • Google Testing Tool Validator
  • SEO Friendly
  • Mobile Friendly
  • High CTR
  • AdSense
  • Dll.
Dengan adanya beberapa fitur diatas, template yang dihasilkan saat melakukan analisis kecepatan sudah dapat dipastikan memiliki performance kecepatan yang baik.

Sebelum melakukan pemasangan template blog, disarankan untuk melihat demo serta menganalisis kecepatan nya terlebih dahulu di GTmetrix.com

2. Tampilan Blog Jangan Terlalu Ramai

Maksud dari poin kedua yaitu, jangan terlalu banyak memasang widget blog yang memang tidak terlalu dibutuhkan oleh pengunjung blog. 

Teman-teman harus bisa meminimalisir pemasangan widget agar kecepatan blog tidak terasa berat. Direkomendasikan, untuk pemasangan widget yang penting-penting saja, seperti, blog archive, recent post, popular posts. Selain widget yang saya sebutkan, hanya akan memberatkan saat proses loading.

3. Ukuran Gambar Blog Yang Ideal

Saat posting sebuah artikel, pasti teman-teman selalu menyisipkan gambar didalam artikel. Memasang gambar juga dapat berdampak pada kecepatan blog. Lalu bagaimana caranya meminimalisir pemasangan gambar, agar loading blog tidak terlalu terbebani? 

Berikut beberapa tips yang berhasil saya kutip dari berbagai sumber. Meminimalisir gambar dalam postingan bisa dilakukan dengan cara :
  • Size kapasitas gambar ideal 65-115 KB
  • Ukuran gambar ideal 300 x 250 pixel
Demikianlah beberapa tips meningkatkan performance blog yang dapat saya share ke teman-teman. Semoga bisa bermanfaat buat kita semua. 

Salam Blogger,
Terima kasih.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Subscribe Our Newsletter