-->

[UPDATE] Panduan Blog Terlengkap Untuk Pemula 2021

Konten [Tampil]
Panduan blog terlengkap untuk pemula sampai mahir

Panduan Blog Terlengkap Untuk Pemula 2021 - Perlu kita ketahui bersama, pada era digital saat ini banyak orang yang memanfaatkan media online sebagai peluang bisnis. Salah satu peluang bisnis yang masih banyak di gemari oleh banyak kalangan adalah terjun di dunia blogging.

Tidak dapat dipungkiri lagi, peluang bisnis blog ini bisa dikatakan menjanjikan untuk jangka panjang. Namun, kita perlu memiliki ketekukan dan keuletan untuk mengembangkan sebuah blog yang kita rintis dari awal.

Lalu bagaimana cara kita membangun sebuah blog yang menjanjikan untuk jangka panjang? Pada artikel ini, saya akan memberikan panduan blog terlengkap yang dapat kalian pelajari secara perlahan namun pasti.

Disini saya akan memberikan poin-poin yang perlu kita pelajari dan pahami mulai dari dasar blog. Bagaimana mungkin kita bisa mengembangkan suatu blog jika kita sendiri belum mengatahui panduan blog dari yang paling dasar.

Daftar Isi Panduan Blog Terlengkap Untuk Pemula

Daftar isi diatas akan saya jabarkan secara lengkap dan mudah dipahami oleh pembaca yang ingin memulai membangun sebuah blog. Perlu dicatat, pada pembahasan artikel yang berjudul panduan blog terlengkap untuk pemula ini akan memberikan panduan berdasarkan pengalaman pribadi saya selama terjun di dunia blogging.

Tidak perlu banyak kata, silahkan langsung baca panduan dibawah ini dari awal sampai akhir.

Penjelasan Blog?


Hal pertama yang harus kita bahas disini adalah "apa itu blog". What is a Blog? Jika kita ingin terjun dalam suatu bidang (blog), kita harus mengetahui dan memahami penjelasan bidang tersebut. Dalam penjelasan yang saya kutip dari Wikipedia Blog merupakan sebuah singkatan dari web log. 

Di internet sudah banyak kita jumpai penjelasan yang di share para publisher atau penerbit artikel pada sebuah blog masing-masing. Namun, disini saya akan menjelaskan dengan pembahasan ringan agar mudah dipahami para pemula dan teman-teman yang memang masih awam dalam bidang blogging.

Blog merupakan salah satu dari sekian banyak jenis website yang kita temukan ketika sedang berselancar di Internet.

Terdapat beberapa jenis website yang ada di Internet, diantaranya :
  • Portal Web (ex: detik.com, kompas.com, cnnindonesia.com dll.)
  • Social Networking (ex: facebook.com. twitter.com, instagram.com, dll.)
  • Search Engine (ex: google.com, yahoo.com, bing.com, dll.)
  • Forum (ex: kaskus.co.id, ads.id, kompasiana.com, dll.)
  • Toko Online (ex: tokopedia.com, lazada.co.id, bukalapak.com dll.)
  • Blog (ex: idkholis.com, tetesanpena.com, dll.)
  • DLL.
Bagi teman-teman yang memiliki blog pastinya sudah tau manfaat yang di dapatkan. Mulai dari sebagai catatan pribadi, atau yang biasa dengan personal blog, sebagai tempat berbagi informasi dan menjadikan tempat pemasaran ladang bisnis.

Mengapa Terjun Dunia Blog?


Panduan Blog Terlengkap Untuk Pemula

Mungkin pertanyaan tersebut sering dilontarkan banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari ngeblog. Dengan kita terjun di dunia blogging banyak manfaat yang kita dapatkan, diantaranya :

1. Mendapatkan Ilmu Baru


Hal pertama yang bisa kita dapatkan dari blog adalah, mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya belum pernah kita dapatkan sebelumnya. Dan, belajar ngeblog ini bisa kita lakukan secara otodidak maupun belajar dengan para mastah yang memang sudah lebih berpengalaman dalam hal ini.

Saran dari saya, jika teman-teman ingin terjun di dunia blogging lebih baik belajar secara otodidak terlebih dahulu, dengan cara banyak membaca dan praktek. Jika ada hal yang sulit dipahami (sudah mentok), dan memang membutuhkan penjelasan dari para pakar blog, baru dipersilahkan bertanya. Banyak Panduan Blog referensi yang bisa teman-teman jumpai di Internet yang dapat dipelajari.

2. Meningkatkan Keahlian


Meningkatkan keahlian yang dimaksud disini adalah, dengan ngeblog kita dapat meningkatkan wawasan dan keahlian di bidang tertentu. Sebagai contoh, Jika teman-teman suka membahas  niche otomotif, secara tidak langsung keahlian yang didapat akan terus berkelanjutan dan terus berkembang.

3. Membangun Jaringan


Manfaat lain yang terasa jika kita terjun di dunia blogging yaitu, kita dapat membangun sebuah jaringan. Memiliki jaringan pertemanan maupun bisnis tentu dapat menguntungkan kita.

Bayangkan saja, jika kita sudah mahir ngeblog dan selalu memberikan tulisan-tulisan yang bermanfaat buat orang lain, pasti pengunjung pada blog kita akan loyal. Secara tidak langsung, kita akan memiliki jaringan luas yang dapat dengan mudah mengembangkan bisnis di Internet.

4. Menjadikan Ajang Bisnis


Blog juga masih banyak digemari banyak kalangan untuk menjadikan ajang bisnis. Banyak orang yang menjadikan blog sebagai media pemasaran online, e-business, e-commerce dan masih banyak lagi.

5. Mendapatkan Penghasilan dari Blog


Tahukah anda? Jika dengan ngeblog, kita dapat menghasilkan uang? Justru, kebanyakan sekarang banyak orang yang terjun di dunia Blogging ini untuk mencari keuntungan. Untuk selengkapnya akan di jelaskan lebih detail dibawah.

Langkah Awal Untuk Memulai Blog


Panduan Blog Terlengkap Untuk Pemula

Langkah awal untuk memulai ngeblog itu sangatlah mudah. Jangan sampai baru mulai sudah kebingungan mau mulai dari mana. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memulai ngeblog.

1. Tentukan Tujuan Anda


Langkah awal yang harus kita terapkan, jika ingin memulai ngeblog adalah memiliki tujuan yang jelas. Kenapa harus menentukan tujuan? karena dengan memiliki tujuan dari awal akan lebih terarah. Bagaimana mungkin kita memulai sesuatu dari awal tidak memiliki tujuan yang jelas? 

Dan yang paling parah, jika kita tidak memiliki tujuan yang jelas sama aja kita tidak konsisten dari awal, itu sangat membahayakan. Ngeblog juga membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran, jika tidak ada ada tujuan, maka akan sia-sia.

2. Tentukan Niche 


Sebelum memulai, teman-teman harus menentukan topik (niche) yang nantinya akan dijadikan pembahasan di setiap artikel blog. Disarankan, menentukan topik sesuai hobi dan keahlian masing-masing. Dengan begitu, akan lebih nyaman dan enak jika kita menjalankan sesuatu sesuai hobi.

3. Pilih Platforms Blog


Banyak platforms blog yang tersedia di Internet, mulai dari WP org, WP com, Blogger, Tumblr, Medium, Ghost, Squarespace, Wix. Masing-masing platforms memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Namun, biasanya kebanyakan orang lebih suka memulai ngeblog menggunakan Platform Blogger. Selain mempunyai layanan gratis, blogger.com juga lebih mudah digunakan. Sangat direkomendasikan buat pemula yang ingin merambah ke dunia blog.

4. Mulai Berkarya 


Setelah platforms blog dan niche sudah ada, selanjutnya mulailah berkarya dengan gaya dan ciri khas tulisan sendiri.

5. Mempercantik Tampilan Blog


Mempercantik tampilan blog juga penting buat memanjakan pengunjung. Sekarang sudah banyak media online yang menyediakan template blog yang memiliki fitur responsive, mobile friendly dan SEO.

Menghindari Kesalahan Saat Ngeblog



Banyak kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula saat mulai ngeblog. Namun tenang, disini saya akan sharing ke teman-teman beberapa kesalahan yang harus dihindari saat mulai ngeblog.

1. Terlalu sibuk dengan tampilan tema blog


Hal ini pernah saya alami sendiri saat baru memulai ngeblog. Terlalu sibuk memikirkan tampilan blog hanya akan membuang-buang waktu.

Dari pada terlalu sibuk dengan tampilan blog, gonta-ganti tema, pasang-copot widget, dll, lebih baik fokus ke konten terlebih dahulu.

2. Tidak Konsisten


Tidak konsisten juga termasuk kesalahan yang sering dilakukan blogger dimanapun berada. Biasanya saat awal-awal ngeblog rasa semangat terus membara, namun jika sudah di pertengahan rasa semangat tersebut tiba-tiba menghilang begitu saja.

3. Terlalu banyak mengurus blog


Terlalu banyak mengurus dan memiliki banyak blog hanya akan merusak fokus dalam ngeblog. Lebih baik fokus mengurus beberapa blog (1-2) terlebih dahulu. Namun semua itu tergantung teman-teman. Tapi, disarankan jangan terlalu banyak mengelola blog.

4. Terlalu berambisi PO (payout) secara cepat


Kesalahan terbesar para blogger pemula biasanya terlalu berambisi mendapatkan uang lebih cepat dari blog. Teman-teman harus terus berusaha dan selalu konsisten jika ingin segera payout. Semoga berhasil.

Mengembangkan Sebuah Blog


Panduan Blog Terlengkap Untuk Pemula Dari A sampai Z

Jika blog yang teman-teman kelola sudah siap, dan sudah memiliki beberapa artikel di dalamnya, langkah selanjutnya tentu ingin mendapatkan pengunjung dan pembaca. Bagaimana caranya?

Cara paling mudah untuk mendapatkan pengunjung blog yaitu dengan cara mempromosikan blog teman-teman ke social media seperti facebook, twitter, linkedin, google plus, dan masih banyak lagi. Untuk cara promo nya cukup dengan share artikel yang baru diterbitkan. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan blog teman-teman akan mendapatkan pengunjung dari pengguna social media tersebut.

Berikut beberapa cara yang dapat teman-teman lakukan untuk mengembangkan sebuah blog :

1. Fokus Pada Topik Blog


Faktor kesuksesan sebuah blog adalah pada topik pembahasan nya. Jika topik yang disajikan berkualitas dan mampu memikat daya tarik seseorang untuk membaca, sudah dapat dipastikan akan ramai pengunjung.

Lalu seperti apa konten yang berkualitas, dan mampu menjadi daya tarik seseorang untuk membaca? berikut penjelasan nya :

  • Buatlah konten yang paling banyak dicari oleh pembaca (viral)
  • Usahakan artikel teman-teman unik, berbeda dan original (tidak copas)
  • Artikel yang diberikan berguna dan bermanfaat buat pembaca

2. Search Engine Optimization 


Search Engine Optimization (SEO) merupakan mesin optimasi untuk mengoptimalkan blog di pencarian search engine atau yang dikenal dengan istilah mesin pencari (Google, Yahoo, Bing).

Untuk temen-teman yang belum begitu menguasai Search Engine Optimization  tidak perlu khawatir, karena dengan menerapkan SEO dasar saya rasa sudah bisa mendatangkan trafik, meskipun tidak seberapa banyak.

Bagi teman-teman yang ingin memahami dan ingin belajar lebih lanjut mengenai SEO bisa membaca panduan pada artikel yang berjudul meraih sukses Search Engine Optimization.

3. Blogwalking 


Selain promosi konten yang teman-teman sajikan di dalam artikel blog, cara termudah untuk mendapatkan pengunjung adalah dengan cara Blogwalking. Istilah Blogwalking ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para blogger. 

Ya, dengan blogwalking atau yang dikenal dengan mengunjungi blog sesama blogger akan mudah mendapatkan visitor. Artinya blogwalking disini adalah mendapatkan timbal balik kunjungan.

Raup Keuntungan dari Blog


Panduan Blog Terlengkap Untuk Pemula

Jika blog yang kita kelola dan kita rintis sudah memiliki banyak pembaca dan pengunjung setiap harinya, tidak ada salahnya jika kita jadikan sebagai mesin penghasilan. Anggap aja penghasilan yang didapatkan dari blog adalah hobi yang dibayar. Enak kan?

Bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari blog? banyak cara yang bisa teman-teman lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari platform gratisan seperti blogger.com ini. Yang terpenting, konsistensi dalam mengelola blog.

Mungkin teman-teman pernah mendengar cerita inspiratif seorang blogger yang mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah hanya dengan bermodalkan platform blogger dan konsistensi nya dalam ngeblog. Cerita inspiratif tersebut bisa teman-teman cari sendiri di Internet.

Lalu bagaimana caranya? kok bisa mendapatkan ratusan juta dari blog? Banyak cara yang dapat kita terapkan, diantaranya :

1. Registrasi Jaringan Periklanan


Cara yang paling populer di kalangan publisher adalah jaringan periklanan. Ada banyak program iklan populer yang sering diterapkan para blogger di blog mereka. diantaranya :
  • Google AdSense (Baca: Cara mendaftarkan Google AdSense di Blogger)
  • Chitika
  • Kliksaya
  • PopAds
  • Dll.

2. Menyediakan Slot Iklan di Blog


Nah, bagi blogger yang sudah memiliki pengunjung ratusan hingga ribuan setiap harinya bisa mencoba cara kedua ini. Dengan menyediakan/menjual slot iklan, penghasilan yang didapatkan dari blog akan lebih pasti, karena biasanya setiap ada yang berlangganan pasang slot iklan akan membayar setiap satu bulan sekali. Dan untuk harganya cukup bervariatif, tergantung pageviews blog.

3. Menjual Jasa


Sudah banyak blog yang menawarkan / menjual jasa sebagai alternatif mendapatkan penghasilan dari blog. Sebagai contoh, jika teman-teman pandai membuat artikel bisa membuka jasa tulis artikel, desaign grafis, coding, dll. 

Manfaatkan kecerdasan dan ketrampilan yang teman-teman miliki untuk meraup penghasilan dari Internet.

4. Dan masih banyak cara lain yang dapat kita terapkan..


Selain menerapkan 3 cara diatas, masih ada banyak cara lain yang dapat teman-teman lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Cara diatas hanya sebagian kecil yang dapat saya share kepada teman-teman semua.

Kesimpulan !


Selama kita masih mau belajar, dan terus semangat menjalankan sesuatu apa yang mau kita capai/harapkan dari awal bukanlah hal yang sulit, selagi masih ada kemauan.

Trial and error sudah menjadi hal biasa dalam proses belajar. Jadi tidak perlu khawatir jika belum kelihatan hasil pencapaian yang kita peroleh, terus mencoba, dan tetap menjalankannya dengan konsisten.

Saya rasa pada pembahasan ini sudah cukup panjang lebar, semoga apa yang saya bagikan ke teman-teman semua dapat bermanfaat buat kita semua. 

Salam blogger,
Terima kasih.
Newer Oldest

Related Posts

12 comments

  1. Makasih gan udah share artikel yg bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Keren... artikelnya penjabarannya bagus.. sukses selalu gan

    ReplyDelete
  3. Mantap nih bacaan untuk pemula seperti saya..

    ReplyDelete
  4. wah keren nih gan,, mungkin dengan adanya ini banyak lagi para pemula blogger yang senang karena bisa mendpaatkan bantuan lengkapnya disini. bermanfaat gan

    ReplyDelete
  5. bookmark. Cocok sekali untuk para blogger pemula

    ReplyDelete
  6. sy pikir penjelasan diatas udah cukup bagi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir, semoga ilmunya bermanfaat

      Delete
  7. Iya nih saya pusing ngurus tampilan blog mas, sering gonta ganti templatr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan selalu Gonta ganti template gan, nanti bisa berdampak ke visitor

      Delete
  8. haha iya gan banyak blogger pemula seperti saya yang terlalu terobsesi dengan adsense padahal percuma punya iklan tp visitor tidak ada, penghasilannya dpt dri mana coba?

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Subscribe Our Newsletter