-->

Sudah Jarang Update Artikel Karena Malas Ngeblog? Lakukan Cara ini

Konten [Tampil]
Malas Ngeblog

Malas Ngeblog - Sudah ngeblog beberapa tahun namun masih minim traffic, itulah yang selalu terbayang di pikiran saya. Mau melanjutkan tidak punya semangat, tidak dilanjutkan juga sayang.

Nah, pada artikel kali ini pakai bahasa santai aja ya, tulisan ini hanyalah curhatan saya sebagai blogger yang sejak tahun 2015 tidak ada perkembangan secara signifikan.

Awal mula saya suka ngeblog tahun 2014, dan mulai serius di tahun 2016. Hal tersebut saya buktikan dengan berlangganan hosting beserta domain di salah satu penyedia hosting Indonesia. 

Singkat cerita, saya membangun sebuah blog WordPress yang bersifat self hosted sebagai media penulisan konten yang mengulas seputar wordpress, mulai dari tutorial sampai ulasan menarik lainnya.

Jalan beberapa bulan, salah satu artikel yang saya buat secara original dan penuh rasa semangat pada waktu itu (hehe.. lebay), bisa tembus halaman 1 google. Tentu, dengan adanya konten yang mampu bersaing di pageone google menambah rasa semangat saya untuk terus berkarya.

Bagaimana tidak senang, pada waktu itu, 1 artikel yang menempati urutan pertama Google mampu menyumbang visitor 500 per hari. Itulah yang mampu mendorong semangat saya untuk terus update artikel. Jujur, keinginan saya mulai menjalankan blog hanya sebagai pengisi waktu luang. Karena sebagai seorang teknisi yang jarang ada tugas di lapangan, saya lebih banyak standby di ruangan kerja.

Dengan adanya banyak waktu luang, saya lebih memanfaatkan untuk memberikan ulasan serta membuat sebuah tutorial seputar WordPress, yang sekiranya tutorial tersebut dapat bermanfaat buat banyak orang.

Namun lagi-lagi terdapat kendala yang mana hal tersebut menghambat saya untuk terus semangat ngeblog. Yang namanya seorang blogger pasti menginginkan adanya pendapatan dari hoby yang mereka kerjakan. 

Ya, menjadi seorang blogger juga dapat menghasilkan uang jutaan, puluhan juta hingga ratusan juta dalam sebulan. Mungkin kalian yang sedang membaca tulisan ini ada yang tidak percaya!

Bagi seorang blogger expert maupun praktisi SEO yang sudah lama dan memiliki banyak pengalaman dari trial & error, hal tersebut mudah saja ia lakukan karena sudah paham akan seluk beluk blog itu sendiri.

Sangat berbeda jauh dengan blogger yang hanya semata-mata mencari uang. Hal tersebut aslinya sudah salah, jika tujuan dari awal hanya ingin mencari duit dari blog. Pikiran instan akan lama dan sulit untuk berkembang, itu yang saya alami sendiri.

Dari cerita ini, saya ingin berpesan pada teman-teman semua. 
Jadikanlah aktifitas ngeblog itu sebagai hoby bukan sebagai pengais rejeki. Jika kalian sudah pintar dalam penulisan, tulisan tersebut disukai banyak pembaca, syukur-syukur bisa jadi viral, pasti akan banyak tawaran kerja sama yang akan kalian dapatkan. Percayalah!
Cerita diatas merupakan kisah nyata masa lalu saya sebagai seorang blogger. Dan sekarang saya mulai bangkit lagi untuk terus teguh dan konsisten dalam penulisan artikel, agar blog yang saya kelola memiliki kehidupan, tidak sepi kayak kuburan. 😱 

Ada beberapa poin yang harus kalian hindari jika baru terjun ngeblog. Ini perlu diperhatikan ya:

Tips Mengatasi Rasa Malas Saat Ngeblog Agar Bisa Membangun Semangat Lagi


1. Jangan Terlalu Sering Mengganti Template Blog

Buat kalian yang sudah lama ngeblog jangan bohong ya, pasti di awal-awal kalian mulai ngeblog sering otak-atik dan terus mengganti template blog karena alasan kurang menarik dan kurang enak di pandang. 

Saya sangat mengakui hal tersebut saat awal ngeblog. Jadi buat kalian yang baru saja ngeblog jangan hanya terlalu fokus pada tampilan blog. Pilihlah 1 template yang sekiranya sudah support banyak fitur, entah itu mobile friendly, fash loading, dll.

Jika kalian bingung, cari referensi di Internet, sudah banyak penyedia template gratis yang memiliki fitur keren.

2. Fokus Pada Artikel

Melanjutkan poin pertama, dari pada kalian hanya fokus dan suka otak atik template mendingan fokus ke artikel dulu. Perbanyak konten kalian di dalam postingan blog agar bisa mendapatkan visitor.

Jangan terlalu mengeluhkan visitor jika postingan blog kalian masih sedikit. Rajin dan konsistenlah dalam upload artikel, paling tidak seminggu 3 artikel sudah bagus. Namun jika dalam 1 hari bisa menerbitkan lebih dari 1 artikel itu lebih bangus, asal konsisten ya.

3. Jangan Mengeluh Jumlah Visitor Minim

Sebelum kalian mengeluh, coba perhatikan berapa jumlah artikel yang sudah kalian terbitkan? jika baru puluhan artikel, buanglah keluhan tersebut. Bagaimana tidak? Saya yang memiliki ratusan artikel aja juga minim visitor. hehe..

Usahakan terus update artikel kalian, semakin lama pengunjung blog akan semakin membludak. Semoga aja gitu! 😝 Biasanya sih gitu.

4. Menulis Hal yang Kalian Suka

Buatllah sebuah konten yang kalian sukai, karena itu modal utama kalian untuk bisa terus berkembang. Selain itu, juga bertujuan agar kalian tidak berheti di tengah jalan jika bingung tidak memiliki konten yang mau di bahas.

Karena ngeblog adalah sebuah kreasi penulisan, kalian harus pandai mengolah kata demi kata. Kalian tidak akan bisa menulis jika salah menentukan konten pembahasan (Niche). Pilihlah konten yang kalian suka!

5. Teruslah Konsisten Jika Ingin Sukses

Apakah kalian pernah terbayang jika media yang kalian bangun semakin dikenal orang dan sukses. Rasanya tidak ada yang tidak mungkin jika kita selalu konsisten dengan apa yang kita bangun dari awal.

Pengalaman pahit memang selalu ada diawal cerita, namun cerita tersebut akan hilang jika kalian terus gigih serta konsisten dalam membangun blog.

Mari terus semangat untuk meraih kesuksesan. Teruslah berkreasi dan selalu kreatif dalam membangun sebuah konten. Buanglah semua uneg-uneg yang hanya akan menyumbat kita untuk terus melesat maju kedepan.

Semoga dengan beberapa poin di atas bisa mengatasi kalian agar tidak malas ngeblog. Tetap semangat Blogger Indonesia. 

Salam,

Related Posts

2 comments

  1. setubuh mas..eh setujuh..yah ngeblog memang hobi...jangan jadi ladang penghasilan dulu....kalau memang sudah ada waktunya semuanya mengikuti yah mas..hehehe

    ReplyDelete
  2. Memang untuk menghindari rasa malas saat ngeblog itu sulit.. tapi setiap ada usaha pasti ada hasilnya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Subscribe Our Newsletter